iflegma IFLEGMA

Jean Paul Sartre - Marxisme Dan Subjektivitas

Marxisme Dan Subjektivitas Jean Paul Sartre
Rp40.000
BSI0525
Buku Jean Paul Sartre - Marxisme Dan Subjektivitas

Pada tahun 1961, intelektual Perancis yang produktif Jean-Paul Sartre diundang untuk memberikan ceramah di Institut Gramsci di Roma. Hadir pula beberapa pemikir Marxis terkemuka Italia, seperti Enzo Paci, Cesare Luporini, dan Galvano Della Volpe, yang kontribusinya terhadap diskusi panjang dan luar biasa dikumpulkan dalam buku ini. Sartre mengajukan pertanyaan Apa itu subjektivitas?sebuah pertanyaan yang kini semakin penting dalam perdebatan kontemporer mengenai subjek dalam teori kritis. Karya ini diberi kata penutup oleh Fredric Jameson, yang memberikan argumen yang menarik tentang pentingnya filosofi Sartre.
*
Masalah kita di sini adalah subjektivitas dalam konteks filsafat Marxis. Tujuan saya adalah mengungkap dengan tepat apakah prinsip-prinsip dan kebenaran-kebenaran yang membentuk Marxisme memungkinkan adanya subjektivitas dan fungsinya, atau apakah mereka mereduksinya menjadi serangkaian fakta yang dapat diabaikan dalam studi dialektis tentang perkembangan manusia. Contohnya Lukcs, saya berharap dapat meyakinkan Anda bahwa interpretasi yang salah dari teks-teks Marxis tertentu yang tidak diragukan lagi ambigu dapat memunculkan apa yang saya sebut dialektika idealis (an idealist dialectics), yang dalam praktiknya mengabaikan subjek, dan menunjukkan bagaimana posisi seperti itu dapat merusak perkembangan studi Marxis.

Jean-Paul Sartre

Pengantar
Jean-Paul Sartre, dalam buku ini, berusaha mencari posisi subjektivitas dalam teori dan praksis Marxisme. Buku ini diberi kata penutup oleh Fredric Jameson, yang memberikan argumen yang menarik tentang pentingnya filosofi Sartre.

Harga 40.000
Judul: Marxisme Dan Subjektivitas
Penulis: Jean Paul Sartre
Penerbit: Basabasi
Tahun Terbit: 2024
Halaman: 68 hlm.
Kategori: Esai
Kelas: Filsafat
ISBN: