iflegma IFLEGMA

Kemala Atmojo - Kami Bukan Lelaki

Kami Bukan Lelaki Kemala Atmojo
Rp70.000
BSI0512
Buku Kemala Atmojo - Kami Bukan Lelaki

Ada pertanyaan — mungkin naif — yang mesti dijawab dengan hati-hati: Siapa, sih, yang mau jadi waria? Apa enaknya jadi band? Dan, jangan lupa, homoseksualitas adalah hal yang berbeda dengan transeksual.Dan itu pula sebabnya — seperti juga kita tahu - ada perkumpulan gay yang tidak beranggotakan waria, dan ada perkumpulan waria yang tidak beranggotakan gay.Dari contoh di atas, terbukti bahwa ada "keadaan jiwa" yang membedakan keduanya. Dan, seperti dikatakan Dr. Havelock Ellis, sifat banci tidak dapat diidentifikasikan dengan homoseksualitas, meskipun kadang-kadang cenderung diasosiasikan sama.

Buku ini memang tidak dimaksudkan sebagai buku kedokteran atau disiplin ilmu lainnya. Saya bukan ilmuwan. Selain itu, juga belum ada kesepakatan para ahli mengenai sebab-musabab tersebut. Yang penting sekarang, bagaimana kita bisa mengenai tingkah polah mereka dengan wajar, dalam pengertian luas.Akan tetapi, tentu saja, di dalam buku ini sedikitnya saya ingin ikut menjawab pertanyaan-pertanyaan ini: Siapa mereka sebenarnya (asal usul/suku bangsa, agama, pendidikan, usia, latar belakang orangtua)? Sejak umur berapa mereka merasa punya kelainan? Apa orangtua mereka tahu? Bagaimana reaksinya? Apa penyebab kelainan itu menurut mereka? Bagaimana perasaannya saat ini? Kebutuhan apa yang dirasa mendesak sekarang? Bagaimana ekonomi mereka? Pernahkah mereka menjalani kehidupan heteroseksual? Apa yang mereka takuti dalam menghadapi masa depan? Bagaimana sikap masyarakat menurut mereka? Apa mereka merasa menyesal?
- KemalaAtmojo

Dalam proses penelaahan kehidupan manusia, buku seperti ini tentu kelak bisa dikoreksi, diperbaiki, ditambah dengan karya lain oleh orang lain yang mungkin lebih kompeten dari Kemala Atmojo. Tapi satu hal yang telah dilakukan: sebuah dunia yang tak banyak dikenal telah dicoba diungkapkan, sebuah kalangan yang tak jarang dipandang dengan salah paham dan sangka buruk telah ditampilkan, dengan cukup terang. Dari sini pengetahuan kita berkembang, mungkin juga kearifan kita bertambah, dan untuk itu saya merasa bersyukur bisa kita membaca buku ini.
- Goenawan Mohamad

Harga 70.000
Judul: Kami Bukan Lelaki
Penulis: Kemala Atmojo
Penerbit: Basabasi
Tahun Terbit: 2023
Halaman: 172 hlm.
Kategori: Esai
Kelas: Sosial
ISBN: