iflegma IFLEGMA

Chalik Hamid - Mawar Merah

Mawar Merah Chalik Hamid
Rp28.000
ULS0027
Buku Chalik Hamid - Mawar Merah

CHALIK HAMID dilahirkan di kota Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara tanggal 16 Mei 1938. Kedua orang tuanya adalah petani berasal dari suku Batak. Setelah menamatkan sekolah Taman Dewasa/Taman Siswa di kota Kisaran, pada tahun 1958 ia melanjutkan sekolah ke SMA “Pembaruan” di Medan. Kemudian melanjutkan studi di “Akademi Kesenian” Medan. Dari Medan pindah ke Jakarta untuk meneruskan pendidikan di Akademi Ilmu Soaial “Aliarcham” (AISA).

Pada awal tahun 1965 ia meneruskan studi di negeri kecil Albania, Eropa Timur. Setelah Soeharto merebut kekuasaan dari tangan Presiden Soekarno, Chalik tidak diizinkan kembali ke Indonesia baik di masa Orde Baru fasis Soeharto maupun di masa apa yang dinamakan reformasi. Ia bersama keluarganya terpaksa menjadi orang “kelayaban” di Eropa.

Kini ia menetap di Amsterdam, Holland, dengan kewarganegaraan Belanda karena paspornya dirampas oleh KBRI di zaman orba Soeharto. Hingga kini “pemerintah reformasi” Indonesia belum pernah mengakui perbuatan pelanggaran HAM, atas perampasan paspor warganya yang kini sebagian besar berkeliaran di Eropa dan negeri-negeri lainnya di jagat ini.

Harga 28.000
Judul: Mawar Merah
Penulis: Chalik Hamid
Penerbit: Ultimus
Tahun Terbit: 2008
Halaman: 158 hlm.
Kategori: Puisi
Kelas: Sosial
ISBN: