iflegma IFLEGMA

Susan George - Pangan

Pangan Susan George
Rp45.000
IST0018
Buku Susan George - Pangan

Delapan ratus juta orang hidup di bawah ancaman kelaparan sepanjang hidupnya, dan sebagian besar penderitanya justru petani di Dunia Ketiga. Maka muncul hal yang cukup mengganggu: Mengapa begitu banyak petani yang justru menjadi orang pertama yang menderita kelaparan?

Susan George menyoroti fakta dan mitos mengenai produksi makanan sekaligus menyediakan jawabannya dengan tajam dan jernih serta diuraikan secara kronologis, mulai dari asal-mulanya 10.000 tahun yang lalu hingga Supermarket Global dewasa ini.

Buku ini menolak alasan klise yang menyesatkan tentang penyebab kelaparan di Dunia Ketiga seperti populasi yang terlalu padat, iklim dan sistem pertanian yang tidak efisien. Buku ini justru mengetengahkan permainan kejam agribisnis multinasional, metode neo-Malthusian, dan neo-Kolonialisme, sekaligus membuka topeng pemberi dana yang sok suci sekaligus membongkar akar eksploitasi.

Buku Pangan ini adalah buku yang sangat mengganggu: fakta yang diketengahkan begitu muram, gambar-gambar yang disodorkan begitu menyedihkan. Namun kekonyolan sekaligus kecerdasan, logika jernih menyeluruh, dan kekuatan buku grafis dokumenter ini menyingkirkan jauh-jauh keputusasaan dan ketidakadilan.

Harga 45.000
Judul: Pangan
Penulis: Susan George
Penerbit: Insist Press
Tahun Terbit: 2007
Halaman: 193 hlm.
Kategori: Studi
Kelas: Sosial
ISBN: