iflegma IFLEGMA

Miranda Malonka - Utuh Sebagai Jiwa

Utuh Sebagai Jiwa Miranda Malonka
Rp88.000
YBS0004
Buku Miranda Malonka - Utuh Sebagai Jiwa

"Kamu terlalu sensitif." "Kamu lemah iman." "Kamu cengeng." Hampir satu juta orang di dunia melakukan bunuh diri setiap tahunnya, dengan masalah psikologis sebagai penyebab utamanya. Padahal, ini seharusnya bisa kita cegah, andai saja kita lebih peduli dan punya empati, serta memiliki akses informasi yang memadai. Sudah saatnya kita berhenti memberi stigma pada rekan-rekan kita (dan menghakimi diri kita sendiri) karena memiliki masalah psikologis. Jiwa kita juga butuh dipupuk, tak hanya raga. Terkadang, kita butuh pertolongan untuk memahami perasaan dan pikiran kita sendiri, yang sering lupa kita perhatikan. Ditulis berdasarkan fakta-fakta ilmiah, buku ini berisikan panduan umum mengenai depresi dan gangguan cemas, cara menghadapinya, dan proses penyembuhannya. Depresi dan cemas bisa dicegah. Bila sudah terjadi pun, kemungkinan terburuknya juga masih bisa dihindari.

Yang Akan Kamu Temukan Dalam Buku Ini

Buku ini memiliki beberapa poin penting yang dijabarkan oleh para pakar di bidang masing-masing. Para kontributor buku ini antara lain: dr. Teresa Shinta Prameswari; dr. Thiea Arantxa; dr. Agnes Lasmono, Sp.KJ; Dr. dr. Carla R. Marchira, Sp.KJ(K); dr. Fiddina Mediola, Sp.KJ; Ayu Puspita Sari Ningsih, S.Psi; dan dr. Santi Yuliani, M.Sc., Sp.KJ; yang kesemuanya juga aktif di komunitas-komunitas peduli kesehatan mental.

Ada beberapa poin penting yang bisa kamu ambil dari buku ini, antara lain:

- Bagaimana stigma bisa sangat menghambat kita dalam mencari pertolongan masalah kejiwaan;
- Bagaimana mengenali masalah kejiwaan dan tanda-tanda bahaya yang menyertainya;
- Bagaimana melakukan koping atas permasalahan psikologis yang melanda, untuk mencegah berkelanjutan menjadi depresi, kecemasan, atau gangguan lainnya;
- Bagaimana menyikapi dan memutuskan untuk konseling atau berobat, alurnya menggunakan BPJS, dan tempat untuk mencari bantuan;
- Bagaimana melakukan pencegahan bunuh diri; dan
- Bagaimana melakukan maintenance atau pengawasan agar tetap terkontrol.

Disclaimer!

Hal utama yang harus diingat adalah: BUKU INI BUKAN ALAT DIAGNOSIS! Kamu tidak boleh melakukan diagnosis sendiri, karena yang bisa membuat diagnosis hanyalah tenaga profesional yang terlatih.

*Buku yang membahas tentang kesehatan jiwa terkait depresi dan ansietas dengan contoh kasus.

Harga 88.000
Judul: Utuh Sebagai Jiwa
Penulis: Miranda Malonka, Hetih Rusli
Penerbit: YOI Books
Tahun Terbit: 2022
Halaman: 224 hlm.
Kategori: Esai
Kelas: Self Help
ISBN: