iflegma IFLEGMA

Arif Rahman Hakim - Madam Dan Jarwa

Madam Dan Jarwa Arif Rahman Hakim
Rp80.000
GDG0021
Buku Arif Rahman Hakim - Madam Dan Jarwa

Tradisi Migrasi dan Pergulatan Identitas Urang Banjar

Madam adalah istilah Bahasa Banjar untuk menyebut perjalanan migrasi lintas wilayah dan komunitas dengan orientasi menetap di daerah tujuan. Buku ini membicarakan kisah madam urang Banjar yang berasal dari Pulau Kalimantan dan hidup menetap secara turun-temurun di Tanah Jawa.

Latar kisah pada buku ini berlokasi di Yogyakarta. Di tempat ini, aktivitas madam yang urang Banjar lakukan tidak hanya memisahkan mereka dengan komunitas di daerah asal namun juga mempertemukan dengan komunitas baru di daerah tempatan. Oleh urang Banjar di Yogyakarta, keterpisahan itu kemudian mereka sikapi dengan cara melakukan hubungan kembali dengan daerah asal melalui menghadirkan kebanjaran yang mirip dengan yang ada di Banua Banjar. Sementara pertemuan dengan masyarakat lokal mereka tampilkan dengan cara melakukan interaksi dan hubungan sosial dengan orang Jawa, bahkan membuat mereka tampak seperti orang Jawa. Bagi urang Banjar sendiri, walaupun mereka sering dianggap sebagai orang Jawa, hal tersebut tidak lantas menghilangkan Banjar dalam diri mereka. Kehidupan di antara Banjar dan Jawa inilah yang membawa mereka pada dialog dalam memahami kehidupan baru atau yang mereka sebut sebagai kehidupan Jarwa.

Dari kisah urang Banjar di Yogyakarta ini bisa dipahami bagaimana madam telah membawa urang Banjar pada dinamika baru setelah mereka menetap di daerah tujuan. Dengan hadirnya Jarwa, kehidupan komunitas urang Banjar di masa sekarang menampilkan identitas yang dinamis dan terus berubah mengikuti peralihan ruang dan waktu, terkhusus bagi mereka yang sudah menetap di Tanah Jawa.

Harga 80.000
Judul: Madam Dan Jarwa
Penulis: Arif Rahman Hakim
Penerbit: Gading
Tahun Terbit: 2023
Halaman: 225 hlm.
Kategori: Studi
Kelas: Sejarah
ISBN: