iflegma IFLEGMA

Rizka Laili Komariyah - Memburu Kaum Miskin Kota Kebijakan Penertiban Gelandangan Di Jakarta 1972-1977

Memburu Kaum Miskin Kota Kebijakan Penertiban Gelandangan Di Jakarta 1972-1977 Rizka Laili Komariyah
Rp60.000
DTG0017
Buku Rizka Laili Komariyah - Memburu Kaum Miskin Kota Kebijakan Penertiban Gelandangan Di Jakarta 1972-1977

Jakarta sebagai ibu kota sering dinarasikan sebagai lambang kemajuan Indonesia. Gemerlap hidup masyarakat Jakarta banyak ditampilkan di media cetak dan televisi. Bahkan, tidak sedikit pembangunan skala besar dilakukan di Jakarta yang ditandakan dengan berdirinya gerombolan beton tinggi menjulang ke langit.

Di balik narasi megah yang lekat dengan Jakarta, terdapat fenomena menarik yang kontradiktif dengan citra Jakarta yang selama ini dikenal masyarakat. Proyek pembangunan di Jakarta menyebabkan peningkatan arus urbanisasi. Tidak sedikit para urbanis yang mengadu nasib di Jakarta mengalami nasib buruk dan pada akhirnya hidup menggelandang. Permasalahan ini kemudian mendorong pemerintah DKI Jakarta untuk melakukan penertiban di bawah kepemimpinan Gubernur Ali Sadikin.

Buku ini mendedah latar belakang kemunculan gelandangan di Jakarta dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah DKI Jakarta dalam mengatasi permasalahan gelandangan. Selain itu, buku ini menghadirkan narasi kehidupan masyarakat perkotaan dalam kehidupan sehari-hari, terutama wong cilik.

Harga 60.000
Judul: Memburu Kaum Miskin Kota Kebijakan Penertiban Gelandangan Di Jakarta 1972-1977
Penulis: Rizka Laili Komariyah
Penerbit: Dramaturgi
Tahun Terbit: 2021
Halaman: 139 hlm.
Kategori: Studi
Kelas: Sejarah
ISBN: